Saturday, June 28, 2014

Smile, Laugh and Happiness ( Written by Aiyu Asayaka )



Smile though your heart is aching
Smile even though it's breaking.
When there are clouds in the sky
you'll get by.

If you smile through your pain and sorrow
Smile and maybe tomorrow
You'll see the sun come shining through

Light up your face with gladness,
Hide every trace of sadness.
Although a tear may be ever so near
That's the time you must keep on trying
Smile, what's the use of crying.
You'll find that life is still worthwhile-
If you just smile..

Smile.Lagu ini indah sekali.. Mengajarkan gw banyak hal. Smile,senyum..simple, tapi dalem.. Kalo ada pepatah, senyum itu ibadah, gw setuju banget. Dalam senyum itu kita dapat membagikan banyak hal kepada sekitar dan healing our heart better. Senyum adalah salah satu habit yang paling positif buat gue. Bayangkan aja, cuma dengan sebuah senyum lo bisa healing hati lo Dari semua hal2 negatif. Lg dicurangin, ya senyumin aja. Lagi di sakiti, senyumin aja. Di hina, senyumin aja. Dengan senyum itu intinya kita mengikhlaskan apa yg terjadi di hidup ini. Dengan senyum, kita memilih untuk tidak membiarkan hal2 negatif mengakses keseharian kita, merusak hari2 kita, merubah hati kita jadi sama saja ama semua orang yg menghina, memandang sebelah mata, menyakiti dan membenci.
Dengan senyum, sepertinya menjalani hari2 itu jauh lebih enak..ringan, tak ada beban pikiran macem2.. Free ur mind from all the negative thought, because Your Thoughts are what's killing you sometimes. 

Senyum itu menggambarkan keikhlasan, ikhlas itu gampang diucapkan dan mungkin susah dijalani, tp percaya deh kalo kita sudah memahami konsep ikhlas sebenernya, semua terasa mudah tanpa beban dan tak perlu memikirkan apapun. Sebagian orang sering salah menafsirkan arti ikhlas. Unsur ikhlas yg syukur, fokus, tenang, dan bahagia justru seringkali terlihat lemah di mata orang. Sikap kaya gitu dikhawatirkan membuat bbrp orang merasa kurang dihargai dan kurang tercukupi dlm sisi materi atau tidak tercapainya tujuan hidup karena kurangnya ambisi. Padahal yang terjadi justru sebaliknya, dalam kondisi ikhlas, orang akan menjadi sangat kuat, cerdas, dan bijaksana.. Karna dibawah tekanan, hatinya yg tergerak. Contohnya disakiti, senyum. Di bohongi, dikhianati, senyum.. dlm bahasa jawa, Konsep ikhlas bisa di bilang : saiki, nang kene, koyo ngene, aku gelem.. Sakarang, disini, seperti ini, aku mau. Harus mau, karena itulah jalan takdir Tuhan yg sudah di buat ya untuk kita. semua yg terjadi di hidup kita menggoreskan cerita dan sejarah berharga yang bisa kita ceritain ama anak cucu kita nanti. Skrg sih masih sedih ngejalaninnya, tp nanti bisa bangga krn kita berhasil melewatinya. Jadi senyum aja ya, Badai pasti berlalu.

See, senyum jg mengambil peran dalam ikhlas. Kalo orang jawa nriman namanya. Seperti lagu Smile tadi, You'll find that life is still worthwhile..If you just smile.. Bahwa hidup ini sagat berarti, kalau saja kita selalu tersenyum.. di dalam sebuah senyum itu aja kita bisa mendeliver banyak energy kepada orang lain, dan kepada diri kita sendiri..Dalam ya lagunya..

Tertawa. hmm.. ini gw banget, banyak orang yang bilang gw kebanyakan ketawa. Ngelucu is my middle name, bahahha. Gw suka bikin orang ketawa dan ngetawain gw. Bikin orang ketawa itu juga ibadah loh. tapi bukan berarti karena gw banyakan ketawa tapi gw gak ada masalah kan, Gw jg jadi bersyukur, karena gw punya jiwa yg suka bercanda, ngelawak2, bikin orang tertawa. Balance ama pribadi gw yang lainnya. Bayangkan kalo gak, mungkin udah jadi orang gila ya.. Tertawa sih, tapi gak tau apa yang di ketawain. Hahahha. Eh tapi jangan salah, somehow gw mikir, orang gila itu adalah orang yang paling bahagia loh..dia gak perlu mikir apa2, gak perlu mencemaskan apa2, ketawa suka2 dia gak harus perduliin pandangan orang ke dia gimana. Makanya orang gila itu sehat, bayangin aja gak pake baju di pinggir jalan tp gak masuk angin, makan sembarangan tapi gak sakit yang berat2. Orang gila juga olah raganya bukan maen loh, dia bisa jalan dari sabang ampe marauke tapi gak berasa cape, karena mereka membebaskan otaknya dari segala kekuatiran,pikiran,dll. Btw,ada ya orang gila jalan dari sabang ampe marauke.hahaha. 

Balik lagi, Karena sakit atau stress atau apalah itu namanya, menurut gw berasal dr kepala. pikiran, cemas, khawatir berlebih,ambisi berlebihan, curiga, dsb. Ya gak sih? coba deh, pernah gak disaat kita lg peak, banyak kerjaan, banyak masalah, banyak tagihan, di sepelekan atasan, diremehkan seseorang, dipaksa melakukan hal yang kita gak suka atau terlalu banyak informasi edukasi yang masuk..kita tiba2 jatuh sakit, kepala sakit, migren, mual, badan tiba panas.. Ya itulah..itu saatnya tubuh kita harus direlaksasikan. Itu alarm buat kita untuk berhenti pakai otak dan mulai senyum, tertawa, rileks, dengarkan musik, nonton film atau apapun yang bikin kita senang. Tuhan menciptakan Alarm jg loh di tubuh kita, jadi kalo sakit ya jangan salahin siapa2 selain diri sendiri. Sudah benar pola hidupnya? Sudah banyak tertawa kah kita?

Menurut riset, Tertawa itu sama seperti menangis, memiliki dampak positif buat tubuh kita. Kata pepatah " Tertawa adalah obat paling mujarab ", ya gw setuju bgt. Nih buktinya yah, waktu kita tertawa kita meregangkan otot2 wajah dan tubuh,jadi gak ada lagi muka tegang , cemberut dan tak sedap dipandang. Meningkatkan darah dan detak jantung. Memacu nafas lebih cepat hingga mengirim oksigen ke semua jaringan tubuh kita. waktu tertawa banyak anggota tubuh lain yg ikut berperan aktif, seperti abdomen, rongga diafragma, pernafasan, kaki, tangan, dan otot2 belakang yang mungkin jarang digerakkan, dan ternyata ini membuat kita awet muda. Fakta baru yg gw baca, adalah Dr. William Fry dr Stanford Medical School tertawa 1 menit bisa memproduksi zat Gamma Interferon yang bisa menghancurkan virus dan tumor. secara umum, tertawa mengasilkan hormon endorfin dlm Tubuh yang menhasilkan rasa nyaman, bahagia, meringankan gejala nyeri, sakit kepala, dll. Tertawa selama satu menit disetarakan dengan relaksasi 40 menit, dan sama dengan melakukan olah raga mendayung selama 10 menit. gak usah ke gym lah, ketawa aja.. Hahha. Eh, Bahkan katanya ketawa bisa membuang kalori juga, dengan 10-15 menit ketawa kita bisa membuang 50 kalori. Nah, bayangkan kalo kita ketawa terus selama 2 hari 2 malem gak brenti2.. Kurus kan. Bagus jg buat yg mau diet. Tapi engsel mulut copot ya kayanya, hahahaha.

Senyum dan ketawa itu identik sama kebahagiaan yah, emang bener sih, orang yang sepanjang hari dalam hidupnya senyum dan banyak ketawa mostly hidupnya happy. Bukan berarti gak ada masalah ya, tp dia anggep masalahnya itu kecil, dan menganggap hidupnya lebih berharga daripada membesar besarkan masalah yg terjadi. Memandang masalah dari sisi positifnya, mengambil hikmah dari setiap masalah, memperbaiki yang salah, membuang yang gak penting dan memaknai setiap masalah yang datang pasti semua ada jalan keluarnya. Pengen gak tuh jadi orang yang selalu happy?.

Happy juga bisa dimaknai dgn syukur, mensyukuri apa yg terjadi dlm hidup, mensyukuri semua yg kita punya, bahkan mensyukuri semua masalah2 di hidup kita walaupun berat. misalnya bersyukur karena Tuhan masi menggratiskan udara ini buat kita bernafas dan hidup, kita bangun tidur masi punya organ lengkap dgn panca indera super canggih dibanding tekhnologi manapun dan masi berfungsi dengan normal, bersyukur punya orang2 yang sayang ama kita, bersyukur punya keluarga yg hangat, bersyukur dengan sahabat dan orang2 yang baik dan membawa pada kebaikan, masi ada atap yg menaungi kita, masi bisa makan enak, masi bisa ketawa2 ama orang yg kita sayangi..maka nikmat Tuhan yg manakah yg kita ingkari? gak Ada alasan buat gak happy kan? Banyak orang diluar sana yg pengen bgt kaya kita sekarang ini loh. Hehhe.


" We tend to forget that happines doesn't come 
as a result of getting something we don't have.
But rather of recognizing and appreciating
What we do have. "
- Frederick Keonig, Inventor of the Steam Printing Machines


Happy.. Apa devinisi happy? Kalo gw di tanya gitu.. Gw bakalan bingung, karena Happy bukan sesuatu yg terlihat, dia sesuatu yg tak nampak tp kita rasa. Kehadirannya jg bisa kita create. salah satu caranya ya dengan selalu senyum dan tertawa. simple. pernahkah kita tertular virus tawa karena melihat orang lain tertawa terbahak2? Gw sering kaya gt..rasanya pengen banget nimbrung kalo ada orang2 yang lagi seru bercanda. Ya tawa itu menular emang. Karna itu kalo sedih, lelah atau stress, tontonlah film komedi. Atau berkumpulah sama teman2 yang konyol dan pandai menghibur. Tawa mereka yang menular bisa bikin kita pelan2 mengusir aura2 negatif yang udah menguasai kita dan menggerogoti perasaan kita. Menularkan tawa jg bisa membantu kita berhubungan baik dengan orang2 disekitar kita. Thats why, mostly orang2 yang lucu itu teman2nya banyak banget. 

Kehadiran orang yang banyak tertawa, mengundang banyak tawa, membawa keceriaan lebih ditunggu2 daripada orang yg suka cemberut dan menyebarkan aura negatif. Betul?
I choose happy! Karena dengan happy, kita gak akan lagi membiarkan negative vibes menguasai kita. semua masalah ada jalan keluarnya. Coba kita ganti paradigma kita yuk, jangan biarkan masalah yg menguasai kita. Biar kita yg menguasai masalah2 kita. level kita terlalu tinggi buat di jatuhkan dengan hal2 negative. Kalo kata pharell williams di lagu Happy , " bring me down, can't nothing bring me down.. My level's too high.. " . 

Lakukan apa aja yg bisa bikin kita happy. You deserve the thing you wanted, because u deserve to be happy. Laugh a lot! Because its cheaper than medicine. Don't be fooled by your emptiness, there's so much room for happiness.

1 comment:

  1. NICE ! LANJUTKEN...BIKIN SAYA JD HAPPY NIH BACAAN...YUHUUUU

    ReplyDelete